Header Ads

Jaringan 4G di Indonesia

Jaringan 4G di Indonesia tergolong baru dan masih dalam tahap pemerataan. Keberadaan teknologi 4G LTE ini belum menyeluruh dan masih banyak tempat yang dijangkau. Sebab, pada awal diluncurkan masih dalam tahap pertama dengan frekuensi 900 MHz. Jaringan ini sudah digelar oleh beberapa operator besar di Indonesia seperti XL Axiata, Telkomsel dan Indosat dengan jangkauan yang terbatas dan hanya di beberapa wilayah saja.



Kendala lain belum menyeluruhnya jaringan ini adalah belum banyak perangkan yang dapat dipakai untuk mengakses jaringan 4G LTE pada frekuensi 900 MHz. Karena dengan frekuensi tersebut belum terjangkau menyeluruh maka, Kemenkominfo memperbaiki dan mencoba untuk memperluas lagi frekuensinya hingga 1800 MHz. Pada frekuensi tersebut jaringan sudah bisa dinikmati oleh daerah-daerah di Indonesia.

Semakin hari semakin banyak bermunculan perangkat yang digunakan untuk mengakses jaringan 4G LTE. Sudah selayaknya pemerintah menyediakan akses yang luas untuk masyarakat agar bisa menikmati kemudahan dari jaringan ini. Sehingga, nantinya masyarakat Indonesia mampu bekerja dengan maksimal dan bisa bersaing dengan negara-negara lainnya yang sudah lebih dulu bisa mengakses 4G.

Pengguna internet harus bersabar dan mengerti tentang perluasan akses internet 4G ini. Tapi, setidaknya pada tahun 2017 ini akses jaringan cepat 4G sudah menjangkau luas. Kecepatan akses yang lebih tinggi ini diperkirakan akan membuka banyak kemungkinan baru dan bisa menambah kesejahteraan masyarakat di bidang teknologi khususnya.

Kunjungi Juga: www.invisiblefiends.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.