Header Ads

Kenali Pengeluaran Biaya Balik Nama Motor

Untuk melakukan biaya balik nama motor, tentu saja Anda akan dipungut biaya balik nama motor. Balik nama motor ini kan sangat bermanfaat bagi Anda terutama untuk memberikan kemudahan saat Anda haru smelakukan pembayaran pajak motor. Balik nama motor ini akan Anda butuhkan saat membeli motor bekas dari orang lain. Selain itu dengan memiliki persuratan dengan identitas Anda, segala kebutuhan Anda akan persuratan motor akan lebih mudah.

Dalam melakukan pembelian motor bekas memang perlu memperhatikan berbagai hal. Memang keuntungan dari membeli motor bekas adalah harga yang jauh lebih murah. Akan tetapi motor bekas ini memiliki kualitas yang berbeda beda. Sehingga ketelitian saat Anda akan membelinya perlu dilakukan. Terutama saat Anda mengecek kondisi motor dan juga persuratan kendaraan. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengurusan balik nama. 

Pengurusan balik nama ini akan memudahkan Anda nantinya saat melakukan pembayaran pajak motor. Dan tentunya seperti yang Anda ketahui bahwa pengurusan balik nama ini juga akan membutuhkan Biaya Balik Nama Motor. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengurus biaya balik nama ini? Beberapa berkas yang perlu Anda siapkan adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK baik asli maupun fotokopi, Kartu Tanda Penduduk atau KTP Anda dan juga KTP pemilik motor baik asli maupun fotokopi, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB baik asli maupun fotokopi, dan juga bukti asli transaksi pembelian motor yang telah dibubuhi dengan materai 6000 dan tanda tangan baik asli maupun fotokopinya.
Kenali Pengeluaran Biaya Balik Nama Motor
Kenali Pengeluaran Biaya Balik Nama Motor
Untuk menyelesaikan biaya balik nama, Anda akan dipungut Biaya Balik Nama Motor yang digunakan untuk menyelesaikan segala keperluan administrasi yang diperlukan. Meskipun demikian, Anda tetap harus mengenali biaya apa saja yang sebenarnya diperlukan. Hal ini juga dimaksudkan agar Anda bisa mempersiapkan dengan baik biaya yang perlu anda keluarkan. Berikut ini pengeluaran biaya yang perlu Anda siapkan unruk balik nama motor Anda.
  1. Anda perlu menyiapkan biaya BBN KB atau Biaya Balik Nama Kendaraaan Bermotor. Nilai untuk BBN KB ini ialah sebesar 2/3 dari pajak kendaraan bermotor atau PKB.
  2. Anda perlu menyiapkan biaya untuk membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB. Namun seperti yang Anda tahu bahwa biaya ini akan berbeda beda disetiap daerahnya. Karena memang PKB iini dibuat sesuai dengan ketentuan daerah dalam SKPD atau Surat Ketetapan Pajak Daerah.
  3. Anda perlu menyiapkan biaya sumbangan wajib kecelakaan lalu lintas atau SWDKLJJ. Sebagai referensi untuk Anda, untuk motor dengan kapasitas mesin dibawah 250 cc, biaya yang akan dibebankan adalah sebesar Rp 35.000
  4. Anda perlu menyiapkan biaya balik nama motor sesuai dengan kebiajakan biaya administrasi masing masing daerah. Biaya ini digunakan untuk mengurus pendaftaran formulis balik nama. Biasanya untuk biaya ini dipatok mulai dari Rp 75.000 hingga sekitar Rp100.000.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.